Obrolan Sore Itu





“Uf, aku mau curhat nih,” celetuk salah seorang teman pondokku suatu sore. 
 Aku yang saat itu sedang senggang, langsung saja mengiyakannya. Sejenak menarik napas panjang, ia pun mulai bercerita. 

“Kemarin Kamis, ada teman sekelasku yang butuh bantuan,” katanya memulai cerita. Aku masih saja diam duduk dengan tenang sambil mendengarkan dengan seksama.
“Bantuan apa tuh?”
“Gini, dia katanya kehabisan uang dan katanya udah nunggak uang bulanan kos. Dan harus segera dibayarkan.”
“Terus?”
“Nah, dia mau minjam uangku sebesar 200k.”
“Wah, banyak juga.”
“Iya, dan kamu tahu? Uangku juga tinggal segitu lebih sedikit sih.” Lalu dia pun menuturkan bahwa uang itu akhirnya dipinjamkan ke temannya tadi. Dan dengan sisa uang sedikit yang dipegang, dia mengira akan sampai hari Senin. Karena kata temannya itu, dia akan mengembalikan uang itu hari Senin. 

Setelah lama dinanti, hari Senin yang sebagaimana janji temannya untuk mengembalikan uang, tak kunjung uang tersebut dikembalikan. Dan hari itu juga temanku sudah kehabisan uang. 

Akhirnya, ketika siang, ada telepon dari kakaknya dan menanyakan keberadaa dia saat itu. Ketika sore menjelang, kakaknya berkunjung ke pondok dan langsung member uang 100k kepadanya. Sungguh dia tak menyangka akan adanya pemberian itu. Dia pun bergumam, “Kok aneh ya, pas sekali ketika lagi butuh uang. Eh dikasih sama kakak.” 

Aku yang mendengarkan curhatannya itu ikut senang dan bersyukur. Dan teringat sebuah hadist nabi yang berbunyi, “Allah akan menolong seorang hamba jika hamba itu menolong saudaranya.”


Komentar

  1. Jadi, pertolongan Allah itu dekat ya. Bagi orang yang mau menolong orang lain. 😊👍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer